Garis Besar Ilmu Bermain Catur
Dalam catur, kita harus mengerti apa yang harus dilakukan ,kapan harus melakukan, dan bagaimana melakukannya.
Pusat – bermainlah demi pusat. Duduki petak petak pusat , jaga dan kontrol penguasaan itu. Kuasai dengan Bidak dan dukung penguasaan ini dengan perwira-perwira ain di belakangnya. Usir perwira-perwira musuh yang mengontrolnya.
Inisiatif –Putih melangkah pertama, untuk itu harus menguasai inisiatif. Jangan buang waktu atau langkah. yang menyebabkan hilang inisiatif Yang aggresif. Cobalah untuk menyerang dengan berbagai cara denga membangun permainan anda. Gabungkan pertahanan dan counter attack (serangan balik). Jangan takut mengorbankan sebuah pion (gambit) untuk serangan pembukaan , tapi jangan mengorbankan tanpa alasan yang jelas. Gunakan Inisiatif untuk menekan posisi lawan anda.
Perkembangan – Keluarkan semua pasukan. Gunakan semua perwira anda. Langkahkan pion seperlunya untuk mengembangkan perwira. Rencanakan untuk mengembangkan perwira yang berbeda dalam setiap langkah. Langkahkan keluar perwira-perwira ringan dengan cepat. Rokade awal. Jangan memindahkan buah yang sama tanpa alasan yang jelas. dan kalo bisa lakukan pengembangan buah dengan ancaman.
Rokade - Lakukan rokade dengan segera, jangan biarkan raja berada di tengah. Hindari melangkahkan pion didepan raja yang telah rokade dan membuat kelemahan di sana. Rokadelah untuk alasan pertahanan dan lanjutkan dengan menggempur pertahanan lawan. Jangan lupa hubungkan benteng-benteng.
Pion – Pada umumnya, langkahkan hanya dua pion saja dalam pembukaan, biasanya pion pusat. Langkahkan satu atau dua petak kedepan, lebih baik dua jika mungkin. Pion yang jelek membuat petak – petak lemah dan langkah pion yang tidak perlu memboroskan waktu yang sebaiknya digunakan untuk mengembangkan perwira. Jangan blokade pion pusat dengan melangkahkan gajah didepannya. Jangan melangkahkan pion didepan raja yang telah rokade.
Kuda – Kembangkan kuda menuju pusat. Putih ke f3 dan c3 atau d2 dan untuk hitam f6 dan c6 atau d7. Kembangkan ke arah lain hanya bila benar – benar perlu atau untuk tujuan tertentu yang jelas manfaatnya. Pada umumnya, anda harus mengembangkan kuda sebelum gajah, karena gerak Kuda lebih lambat daripada Gajah. sedangkan penempatan Gajah harus dilihat dahulu perkembangan lawan. Hindari kuda anda kena paku (pin) terhadap raja atau menteri oleh gajah, dan oleh benteng di lajur (file) e atau d.
Gajah – Letakkan pada diagonal yang terbuka. Gunakan untuk menjaga petak – petak pusat, Jika bisa paku (pin) Kuda musuh untuk mengekang pertahanan lawan. Hindari pertukaran Gajah dengan Kuda, keuali jika ada keuntungan posisi atau materi yang jelas.
Benteng - Letakan pada lajur-lajur terbuka, lajur setengah terbuka, lajur yang sepertinnya akan terbuka, atau di belakang pion bebas yang sudah maju. Tumpuklah, sehingga mereka saling mendukung. Gunakan mereka untuk menyerang raja musuh yang tidak rokade di jalur e. Letakan di baris (rank) 7, gunakan mereka untuk menyerang pion lawan yang masih di petak lawan kedua dan batasi raja musuh di baris belakang. Gunakan untuk memotong jalur raja. Di babak akhir, sering kali lebih baik mengorbankan sebuah pion untuk mengaktifkan beteng dari pada membatasinya dipetak pertahanan yang pasif.
Menteri - Dalam permainan catur, jangan mengeluarkan menteri terlalu awal - dia sangat mudah diserang dan kita akan kehilagan banyak tempo. Hindari mengembangkannya ke petak yang mudah diserang. Jangan menggunakannya jika perwira kecil bisa menangani. Jangan menggunakan menteri untuk mengejar pion bila akan menjauhkan dia dari wilayah aksi sesungguhnya. Gunakan untuk membangun serangan ganda, sendiri atau kombinasi dengan buah yang lain. Jangan takut menukar menteri untuk mendapat beberapa keuntungan, atau menghindari beberapa bentuk problem.
Analisa - evaluasi unsur-unsur utama : materi, susunan pion, mobilitas, waktu, ruang, dan keamanan raja. Carilah informasi tentang posisi dengan cara menanyai diri sendiri tentang masing-masing faktor ini.
Rencana - Rencanakan lebih awal. Jangan mengganti rencana tanpa alasan yang baik, tetapi yang luwes. Ubahlah rencana jika diinginkan atau perlu, saat posisi berganti. Dasarkan rencanamu pada analisa dan evaluasi posisi yang jujur dan menyeluruh, perhatikan kekuatan dan kelemahan kedua sisi, dan perhitungkan semua ancaman. Nilai semua ketidak seimbangan dan semua faktor dari posisi tersebut dan bentuklah rencanamu berdasarkan faktor-faktor ini.
Babak akhir - Ancam untuk promosi menteri dengan cara memajukan pion bebas. Paksa lawan anda untuk menyerahkan buah yang coba - coba menghalangi langkah anda. Aktifkan raja secepatnya dengan jaminan keamanannya. Tukar perwira, bukan pion bila unggul materi. Letakkan benteng secara aktif dibelakang pion lawan, letakan di baris(rank) ke tujuh. Terus aktifkan dan jangan mengikatnya untuk sebuah pertahanan. Setelah mempromosikan pion menjadi menteri, gunakan untuk membunuh raja lawan.
Sumber : www.chessville.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar