Kamis, 02 Februari 2012

Turnamen Catur Waspada CUP III tahun 2012

Turnamen Catur Terbuka Perorangan Waspada Cup III/2012 yang dijadwalkan berlangsung 28 Februari-3 Maret 2012 di Gedung PWI Sumut, jadi momentum pemanasan bagi atlet sebelum bertarung di Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau.
"Ini kesempatan bagi atlet catur yang lolos ke PON XVIII untuk menjajal kemampuan pada Waspada Cup. Bahkan Waspada Cup merupakan barometer bagi atlet sebelum bertanding di PON," kata Ketua Umum Pengprov Percasi Sumut, Parlindungan Purba SH MM, Senin.
Menurutnya, Waspada Cup yang digelar untuk ketiga kali ini sudah menjadi kalender tetap Pengprov Percasi Sumut. Parlindungan pun menyampaikan salut kepada H Prabudi Said, yang langsung mengasuh rubrik “Problem Catur” setiap hari di Waspada. Menurutnya, rubrik itu sangat bermanfaat sekaligus menggairahkan olahraga berpikir di tengah-tengah masyarakat.
Waspada Cup ke depan dapat ditingkatkan menjadi kejuaraan nasional. Ketua PB Percasi Hashim Djojohadikusumo akan menghadiri Waspada Cup kejuaraan tahun ini," terang anggota DPD RI itu.
Sebelumnya Ketua Panpel Sonny Firdaus SH mengatakan tahun 2012 ini kategori yang dipertandingkan masing-masing kelompok senior, junior, eksekutif, dan wartawan. Pada dua penyelenggaraan sebelumnya, pecatur Riau berhasil membawa pulang trofi Waspada. 
Ditambahkan, Percasi Sumut sudah meloloskan pecatur putra dan putri untuk bertanding di PON 2012. Selain MF Pitra Andika, tuturnya, Sumut akan diperkuat peraih medali perak SEA Games XXVI/2011 MF Hamdani Rudin.
Sementara itu, Prabudi Said menyampaikan rasa syukur turnamen catur Waspada Cup kembali rutin dilaksanakan. Mantan Ketua Umum Percasi Sumut era 1980-an itu menjelaskan, ***Waspada Cup sudah dilaksanakan pada 1970-an namun sempat terhenti.
"Tahun 1980-an saya menjadi Ketua Umum Percasi Sumut, namun tidak aktif disebabkan bertugas ke Amerika Serikat," kenangnya sembari berharap pecatur Sumut dapat berprestasi lagi di kancah nasional maupun internasional seperti era Monang Sinulingga cs.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

FIDE CALENDER 2015

Seputar Tentang Catur

The “classical” World Chess Championship matches (1886-2012)

The “classical” World Chess Championship matches (1886-2012)